Kamis, 29 September 2016

MAKALAH PASAR MODAL



PASAR MODAL
MAKALAH





Disusun oleh : Kelas EID1
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
UIN WALISONGO
Semarang




BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Semakin berkembangnya perekonomian di dunia pada umumnya, dan di Indonesia pada khususnya mengakibatkan berbagai perubahan dibidang kehidupan. Berbagai transaksi pun dilakukan salah satunya investasi harta atau uangnya melalui pasar modal. Pasar modal dibentuk untuk mempermudah para investor mendapatkan asset dan mempermudah perusahaan menjual aset.
Perkembangan pasar modal dari tahun ketahun mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Dimulai dari bursa efek Jakarta dan menjadi bursa efek satu-satunya di Indonesia. Dengan adanya bursa efek ini sangat membantu investor danpengusaha untuk melakukan transaksi ekonomi.
2.      Rumusan Masalah
a.       Apa itu pasar modal.?
b.      Bagaimana perkembangan pasar modal di Indonesia.?
c.       Apa funsi dan manfaat pasar modal.?

BAB II
PEMBAHASAN
1.      Pengertian Pasar Modal
            Pasar modal (capital modal) adalah pasar keuangan untuk dana-dana jangka panjang dan merupakan pasar yang konkret. Dana panjang adalah dana yang jatuh temponya lebih dari satu tahun. Pasar modal dalam arti sempit adalah suatu tempat dalam pengertian fisik yang terorganisasi tempat efek-efek diperdagangkan yang disebut bursa efek. Pengertian bursa efek (stock exchange) adalah suatu sistem yang terorganisasi yang mempertemukan penjual dan pembeli efek yang dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung. Pengertian efek adalah setiap surat berharga (sekuritas) yang diterbitkan oleh perusahaan, misalnya: surat pengakuan utang, surat berharga komersial (commercial paper), saham, obligasi, tanda bukti utang, bukti right (right issue), dan waran (warrant).
Definisi pasar modal menurut Kamus Pasar Uang dan Modal adalah pasar konkret atau abstrak yang mempertemukan pihak yang menawarkan dan memerlukan dana jangka panjang, yaitu jangka satu tahun ke atas. Umumnya yang termasuk pihak penawar adalah perusahaan asuranssi, dana pensiun, bank-bank tabungan sedangkan yang termasuk peminat adalah pengusaha, pemerintah dan masyarakat umum.
2.      Perkembangan Pasar Modal di Indonesia
            Sejarah pasar modal di Indonesia di mulai abad ke 19, dalam kegiatan jual beli saham dan obligasi. Menurut buku Effectengids yang dikeluarkan oleh Verreninging voor den Effectenhandel pada tahun 1939, jual beli efek telah berlangsung sejak 1880. Pada tanggal Desember 1912, Amserdamse Effectenbeurs mendirikan cabang bursa efek di Batavia. Di tingkat Asia, bursa Batavia tersebut merupakan yang tertua keempat setelah Bombay, Hongkong, dan Tokyo.
            Setelah Indonesia merdeka tepatnya pada tahun 1950, pemerintah mengeluarkan obligasi. Peristiwa ini adalah tanda mulai aktifnya kembali pasar modal Indonesia. Dengan di dahului keluarnya dengan diterbitkannya Undang-undang Darurat No. 13 tanggal 1 September 1951.
            Pada tahun 1977, pasar saham dibuka dan ditangani oleh Badan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam). Institusi dibawah departemen keuangan.

3.      MANFAAT PASAR MODAL


Pasar modal mempunyai banyak manfaat baik itu untuk emitmen maupun bagi investor, berikut adalah manfaatnya :
1.                  Bagi Emiten
Bagi emiten, pasar modal memiliki beberapa manfaat, antara lain:
1.                  jumlah dana yang dapat dihimpun berjumlah besar
2.                  dana tersebut dapat diterima sekaligus pada saat pasar perdana selesai
3.                  tidak ada convenant sehingga manajemen dapat lebih bebas dalam pengelolaan
             dana/perusahaan
4.                  solvabilitas perusahaan tinggi sehingga memperbaiki citra perusahaan



2.      ketergantungan emiten terhadap bank menjadi lebih kecil Bagi investor
Sementara, bagi investor, pasar modal memiliki beberapa manfaat, antara lain:
  1. nilai investasi perkembang mengikuti pertumbuhan ekonomi. Peningkatan tersebut tercermin pada meningkatnya harga saham yang mencapai kapital gain
  2. memperoleh dividen bagi mereka yang memiliki/memegang saham dan bunga yang mengambang bagi pemenang obligasi
  3. dapat sekaligus melakukan investasi dalam beberapa instrumen yang mengurangi risiko
BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Definisi pasar modal menurut Kamus Pasar Uang dan Modal adalah pasar konkret atau abstrak yang mempertemukan pihak yang menawarkan dan memerlukan dana jangka panjang, yaitu jangka satu tahun ke atas. Umumnya yang termasuk pihak penawar adalah perusahaan asuranssi, dana pensiun, bank-bank tabungan sedangkan yang termasuk peminat adalah pengusaha, pemerintah dan masyarakat umum.
Produk yang Terdapat di Pasar Modal
1.      Reksa Dana
2.      Saham
3.      Saham Preferan
4.      Obligasi
5.      Waran
6.      Right Issue

7.      DAFTAR PUSTAKA

8.      Sigit Triandaru dan Totok Budisantoso. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Salemba Empat
9.      http://www.google.com/pasar modal
10.  http://www.google.com/pasar modal syariah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar